Kemarin, untuk pertama kalinya saya menggunakan kartu Askes, sejak terdaftar sebagai peserta dari bulan Mei 2011. Ceritanya, saya mau ganti kacamata, sekalian periksa minusnya. Feeling saya sih pasti nambah, karena udah gak enak aja klo liat yang jauh-jauh. So, sepulang kantor kemarin saya ke dokter keluarga saya, di Klinik Mitra Husada. Antriannya banyak, tapi prosesnya cepet. Karena emang sepertinya pasiennya mayoritas adalah peserta Askes dan Jamsostek, yang biasanya minta surat rujukan. Tapi ada juga sih yang periksa disitu, itupun cepet.
Jadi, saya udah dapet surat rujukan untuk ke dokter mata, tapi sayangnya, dokter matanya itu hanya buka pagi. Yawsudlah klo begitu, sabtu pagi aja saya periksanya. Oia, ini kutipan informasi mengenai klaim penggantian kacamata oleh untuk peserta Askes :

“Kacamata diberikan kepada Peserta Askes baik lensa (+) atau (-) maksimal 1 kali dalam 2 tahun. Peserta dapat mengambil kacamata di Optik yang bekerjasama dengan Askes atau membeli kacamata terlebih dahulu, kemudian mengklaimnya ke Askes. Nilai ganti kacamata dari PT Askes (Persero) adalah Rp. 200.000,-. Persyaratan untuk klaim kacamata adalah :
1. Fotocopy kartu Peserta
2. Resep asli dari dokter spesialis mata PPK Askes
3. Surat Jaminan Pelayanan yang diperoleh di Askes Center saat akan mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit
4. Kuitansi asli bermaterai cukup.”

Oia, waktu periksa pertama kali itu, dokternya menanyakan lembaran dari Askes yang menyatakan klo saya adalah pasien dokter tersebut. Dan saya gak bawa, hehe, piss ya dok. Untung dokternya baik🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 responses »

  1. lilaassofie says:

    klo lensa bwt kacamata gaul ad ga mba?he..

Leave a Reply

